Jakarta, 7 Februari 2013 – Citilink, anak perusahaan PT Garuda
Indonesia Tbk untuk jasa penerbangan berbiaya murah (LCC), mendukung
sepenuhnya himbauan Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jendral
(Ditjen) Perhubungan Udara dengan mengakomodasi calon penumpang eks
Batavia Air ke beberapa kota tujuan mulai 11 Februari 2013. Hari ini
(Kamis, 7 Februari 2013), Chief Executive Officer (CEO) PT Citilink
Indonesia, Arif Wibowo, mengumumkan prosedur konversi tiket Citilink
oleh penumpang eks Batavia Air.
“Kami berharap melalui mekanisme yang dilakukan oleh Citilink dapat
mengakomodasi seluruh calon penumpang untuk berwisata, menjumpai
sanak-saudara sampai dengan melakukan aktifitas business di tempat
tujuan dengan nyaman,” ujar Arif Wibowo.
Prosedur dan ketentuan ‘transfer’ penumpang eks Batavia Air ke penerbangan Citilink adalah sebagai berikut:
1. Penumpang ex Batavia yang ingin
terbang dengan Citilink harus melakukan re-booking (penukaran tiket
Batavia Air ke Citilink) mulai tanggal 8 Februari 2013 hingga 28
Februari 2013.
2. Penerbangan hanya disediakan untuk keberangkatan (date of travel) sampai dengan 30 April 2013.
3. Penumpang eks Batavia Air yang
keberangkatannya (date of travel) di atas 30 April 2013 dapat melakukan
re-booking untuk penerbangan Citilink dengan keberangkatan sebelum 30
April 2013.
4. Terhitung mulai tanggal 11 Februari
2013, Citilink mulai melayani penerbangan ke rute tujuan yang sebelumnya
telah dilayani oleh Citilink, hanya bagi penumpang eks Batavia Air yang
telah melakukan re-booking.
5. Mekanisme re-booking hanya dapat dilakukan di :
- Sales Office Citilink Jakarta, Jalan Gunung Sahari Raya No. 52
- Sales Office Citilink Surabaya, Juanda Business Center, Jl. Raya Juanda No.1 Blok C2
Khusus untuk penerbangan dari Lombok,
Denpasar, dan Ujung Pandang, re-booking hanya bisa dilakuan di Sales
Office Citilink di masing-masing bandara.
- Proses re-booking hanya dapat di lakukan pada hari kerja, Senin – Jumat pukul 08.00 – 17.00 waktu setempat.
- Proses re-booking hanya dapat di
lakukan di kota keberangkatan (misalnya untuk tiket tujuan Jakarta –
Batam, hanya dapat melakukan re-booking di kantor penjualan Jakarta,
yaitu di Sales Office Citilink di Jalan Gunung Sahari Raya No. 52)
6. Dokumen yang harus dibawa saat pengurusan re-booking :
- Tiket Batavia Air resmi (Citilink akan
melakukan validasi atas keabsahan tiket tersebut, dan menukar tiket
Batavia Air dengan Citilink apabila re-booking penerbangan Citilink
telah dilakukan)
- Identitas resmi asli dan kopinya, seperti KTP, SIM, atau Paspor.
7. Penumpang harus datang sendiri
dan tidak dapat diwakilkan oleh travel agent atau pihak manapun. Apabila
1 kode booking terdapat lebih dari 1 penumpang, maka 1 kode booking
tersebut dapat diwakilkan oleh 1 penumpang, dimana tetap harus membawa
identitas resmi (KTP, SIM, atau Paspor) penumpang lainnya (asli dan
copynya)
8. Bagasi cuma-cuma 20 kg diberikan
kepada setiap penumpang/orang sesuai dengan ketentuan Citilink.
Kelebihan bagasi akan dikenakan biaya sesuai tarif yang berlaku.
9. Penumpang eks Batavia Air
diwajibkan membayar IWJR (Iuran Wajib Asuransi Jasa Raharja) sebesar Rp
5.000 per orang untuk setiap penerbangan.
Arif juga mengemukakan di masa datang Citilink akan terus
melakukan penambahan frekuensi dan rute untuk mengakomodasi tingginya
pengguna transportasi udara. ‘’Kami bekerja keras untuk memenuhi
komitmen sebagai airline pilihan konsumen transportasi udara yang
tumbuh pesat di negeri ini, terutama bagi mereka yang memilih
menggunakan LCC,’’ tegasnya.
Sebagai bukti keberhasilan dalam komitmennya meningkatkan
pelayanan pada pelanggan, Citilink telah meraih beberapa penghargaan
antara lain oleh Indonesia Travel and Tourism Foundation untuk kategori Leading Low Cost Airline 2011/2012, kategori Best Overall Marketing Campaign di The Budgies and Travel Awards 2012, penghargan Service To Care Award 2012 untuk Airlines category dari Markplus Insight dan yang terbaru yaitu Indonesia Leading Low Cost Airlines 2012/2013 dari ITTA Foundation serta Maskapai Penerbangan Nasional Terbaik oleh Adikarya Wisata Award 2012.
Tentang Citilink
Citilink adalah anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia
(Persero) Tbk yang menyediakan jasa penerbangan berbiaya murah (LCC).
Citilink melayani penerbangan dengan sistem dari kota ke kota
menggunakan model usaha pesawat berbiaya murah. Berbasis di Jakarta dan
Surabaya, di Januari 2013 Citilink melayani 110 frekuensi harian dari
Jakarta dan Surabaya ke Batam, Banjarmasin, Bandung, Denpasar,
Balikpapan, Solo, Yogyakarta, Medan, Palembang, Padang, Ujung Pandang,
Padang, dan Lombok. Untuk informasi lebih lanjut tentang Citilink dapat
mengunjungi: www.citilink.co.id, halaman fanpage di Facebook (Citilink) dan di Twitter (@citilink).